Wednesday, June 17, 2020

10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Sebuah Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, pelajarilah beberapa kesalahan umum yang seringkali dilakukan oleh para pengusaha baru yang mengakibatkan kerugian dalam berbisnis, sehingga anda dapat mencegahnya. Berikut adalah diantaranya 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Sebuah Bisnis :

1. Memilih Jenis bisnis yang salah

Pilihlah bisnis yang menarik minat anda. Sebuah bisnis kecil – kecilan pun akan dapat memakan waktu dan tenaga. Jika anda tidak sepenuhnya menikmati bisnis yang anda jalani, anda akan merasa lebih cepat bosan. Mulailah sebuah bisnis di bidang yang anda minati dan anda memiliki keahlian di bidangnya.

2. Terlalu banyak rencana

Membuat rencana merupakan suatu hal yang baik. Hal tersebut dapat membantu anda melihat grafik kesuksesan dalam berbisnis. Akan tetapi, terlalu banyak perencanaan dan merencanakan hanya akan menjadi angan – angan belaka. Jika hal ini terjadi, bisnis anda hanya akan bertahan di alam pikiran anda sendiri dan tidak akan menghasilkan keuntungan. Jadi, buatlah sebuah perencanaan dan grafik kemudian sibuklah menjadikan rencana tersebut menjadi nyata.

3. Menghindari pemasaran

Berupaya memasarkan merk dagang anda akan mempercepat perkembangan bisnis anda daripada hanya menunggu konsumen untuk menghubungi anda. Mulailah bisnis anda melalui mulut ke mulut hal ini tentu dapat sangat menguntungkan, jangan menunggu waktu yang lama untuk mempromosikan apa yang anda lakukan. Hal ini pun tidak selalu berarti anda harus menggunakan jasa iklan yang mahal. Mulai kreatiflah dalam mempromosikan usaha anda dengan menggunakan anggaran biaya yang sesuai dengan kemampuan anda dan ampuh untuk mencapai target tujuan anda.

4. Anda berpikir mengenai diri anda sendiri dan tidak memikirkan konsumen

Anda memiliki ide yang cemerlang untuk produk atau jasa yang anda tawarkan, akan tetapi ada satu masalahnya, tidak ada penjualan. Kenapa? Berbicaralah kepada target pasar anda dan temukan kebutuhan mereka. Sebuah perencanaan bisnis membutuhkan deskripsi mengenai keunikan produk atau jasa yang anda tawarkan. Selain itu, Anda juga perlu untuk mendeskripsikan target pasar anda. Jika 2 aspek tersebut tidak sejalan anda harus mencari tahu sendiri jawabanya.

5. Menunggu untuk menghasilkan uang

Jangan menunggu untuk mendapatkan bayaran, akan tetapi jualah produk anda terlebih dahulu. Bekerjalan untuk mendapatkan penghasilan segera. Dahulukanlah pesanan yang masuk, jadwal rapat dengan klien atau apapun itu untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini akan membuat anda senang dan termotivasi untuk memulai kesempatan – kesempatan berikutnya.

6. Bekerja sendiri

Jika anda adalah seorang pemilik satu – satunya dari suatu usaha dan bermaksud untuk tetap begitu, hindari bekerja sendiri. Mendapatkan masukan dan nasehat dari orang lain dapat membantu anda berkembang baik secara pribadi dan bisnis. Bergabunglah dalam kelompok – kelompok pengusaha, kelompok perencana bisnis atau kelompok bisnis jaringan dimana anda dapat berbagi ide dan pendapat.

7. Memilih rekan kerja yang salah

Jika anda memutuskan untuk berbisnis dengan adanya rekan kerja, pilihlah seseorang yang dapat melengkapi keahlian dan kemampuan anda. Analisalah sebelumnya, apakah anda akan dapat bekerja dengan orang tersebut dalam jangka waktu yang pendek atau jangka panjang. Memilih rekan kerja yang tepat akan mempercepat kesuksesan anda.

8. Mempekerjakan karyawan sebelum anda memiliki penghasilan yang pasti

Bisnis – bisnis baru mempekerjakan karyawan berdasarkan harapan kemajuan bisnis dikemudian hari. Hal ini malah justru akan menciptakan penghematan dalam hal keuangan dan kemudian akhirnya memberhentikan para karyawan sebelum bisnis tersebut berhasil. Oleh karena itu, tunggulah sampai aliran pendapatan anda stabil sebelum mulai merekrut pekerja.

9. Besar pasak daripada tiang

Memulai sebuah bisnis adakalanya membutuhkan modal untuk menjalankanya baik modal yang berasal dari tabungan anda sendiri ataupun dari investor luar. Jika anda menghabiskan begitu saja penghasilan yang didapat, hal ini dapat mengakibatkan bisnis anda gulung tikar. Apapun yang anda putuskan untuk berinvestasi, bersikap bijaklah dalam merencanakan pengeluaran yang sifatnya harus lebih kecil dibandingkan pendapatan yang diharapkan.

10. Emosional

Ketika anda menginvestasikan uang, waktu dan energy anda untuk bisnis baru anda. Jagalah emosi anda untuk hal – hal lain di luar itu. Ketika anda dalam keadaan emosional dalam berbisnis anda akan menjadi reaksional dan bisa membuat keputusan yang salah. Tetap tenang dan buatlah keputusan rasional yang sesuai dengan keadaan yang anda hadapi.

Demikianlah tadi pembahasan kita kali ini tentang 10 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Memulai Sebuah Bisnis. Semoga dapat menambah wawasan kita, khususnya bagi pemula yang mencoba merintis suatu usaha atau bisnis, Semoga Bermanfaat.

6 comments:

  1. Looking for love songs lyrics in hindi which is currently on the hit list , if yes browse the latest collections of our lyrics in hindi. song lyrics in hindi

    ReplyDelete
  2. Buy the best wearable fitness tracker in India under 5000 and get the best key features among all other fitness bands. best fitness band under 2000

    ReplyDelete
  3. Get work for voice over artists jobs, video editing jobs, freelance modelling jobs,
    freelance singing jobs, freelance acting jobs in India.
    jobs for actors

    ReplyDelete
  4. Here you can avail the best microwave oven in India under 5000, 10000, 15000 etc Of
    best brand. best convection microwave oven

    ReplyDelete
  5. All in one online unique store get all sort of unique products online at a cheap price along with some other gifts options too. gifts for beer lovers

    ReplyDelete
  6. Watch latest memes, youtube videos, trending topics in india and also some latest trending topics in India. trending india

    ReplyDelete